Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi

Halo gan! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini ane mau share tutorial cara paling mudah mengembalikan foto atau gambar yang terhapus pada ponsel android tanpa menggunakan aplikasi pihak ke-3 dan tentunya TANPA ROOT. Mungkin biasanya agan menggunakan aplikasi undelete dan sejenisnya untuk mengembalikan foto yang terhapus, ternyata ada cara lain yang lebih mudah gan. Kalau gitu langsung aja, berikut ini caranya:

1. Buka file manager pada hh agan, lalu masuk ke folder "DCIM"


2. Lalu TAP bagian menu seperti screenshot dibawah ini


3. Pilih "Tampilkan File Yang Tersembunyi"


4. Maka akan muncul folder bernama ".thumbnails". Pada folder tersebut terdapat foto/gambar yang telah dihapus.



Gimana gan? Gampang kan! Oke kalau begitu cukup sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat. Jika masih bingung atau ada hal-hal yang ingin ditanyakan mengenai tutorial ini, silahkan agan komentar dibawah menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Tetap semangat ngoprek! Dan Salam Oprekers...
Title : Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi
Description : Halo gan! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini ane mau share tutorial cara paling mudah mengembalikan foto atau gambar yang terhapus pada pon...

42 Responses to "Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android Tanpa Aplikasi"

  1. oalah gitu caranya :D thanks gan...ane baru tau nihh

    ReplyDelete
  2. Ane malah sering hapus tu folder gan. Soalnya sizs nya nyampe 2GB

    ReplyDelete
  3. Ane malah sering hapus tu folder gan. Soalnya sizs nya nyampe 2GB

    ReplyDelete
  4. Nice post gan ... Kirain ane file sampah eh taunya bisa buat restore photo thanks gan (Y)

    ReplyDelete
  5. Ijin bookmark gan..
    Karena suatu saat pasti di perlu kan

    ReplyDelete
  6. gampang ternyata yaa :D nicee

    ReplyDelete
  7. Wah keren, saya baru ngerti yang ini :)
    terimakasih gan :)

    ReplyDelete
  8. thumbnail kan cuma preview gambar dan biasanya ukurannya kecil :D

    ReplyDelete
  9. tq gan :*
    tapi resolusinya kecil (foto)

    ReplyDelete
  10. Udah ngetes tapi gak semua foto kembali cman beberapa doang,

    ReplyDelete
  11. aku hp oppo ,kok gak sama yaaa :(

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Lah kalo di gadget saya, itu folder thumbnail isinya foto2 yg emang sengaja disave di perangkat (-_-) buka file2 yg kehapus! (¯―¯Ù¥)

    ReplyDelete
  14. Gak bisa ii gan... Di klik jga gk bisa... Solusinya gmna gan??

    ReplyDelete
  15. Izin praktek ya gan..semoga dengan tips ini bisa berhasil ngembalikan file photo yg sudah di hapus.. Maksih min

    ReplyDelete
  16. Gan ane hapus tuh camera yg ada di thumbnails nya,eh pas liat galeri udh ga ada tuh foto" nya :'(
    Ane buka lg DCIM nya thumbnails n yg lain nya udh kosong aja...
    Gan tolongin gmn cara nya biar tu foto balik lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ada solusinya brlum.??/saya juga ngalamin yg sama..tolong kalo bisaa bantu

      Delete
    2. Pake aplikasi dumpster

      Delete
  17. hp sya lenovo gan..gk ada tampilan untuk menampilkan file yg tersembunyinya....gmn tu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga...gk ad buat nampilin file tersembunyi

      Delete
  18. Itukan melihat foto yg di hape, bukan foto yang terhapus gan.

    ReplyDelete
  19. Hp saya sony.. Tdak ada pilihan tampilkan file tersembunyi gan.. Hnya ada sortir dan map baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake kabel data liat di komputer mbak

      Delete
  20. kalo android oppo kok nggak bisa ya min tolong jawabannya

    ReplyDelete
  21. Gk muncul foto²ku yg hilang malah muncul foto² yg udh ada,gak bisa! !

    ReplyDelete
  22. Gk muncul foto²ku yg hilang malah muncul foto² yg udh ada,gak bisa! !

    ReplyDelete
  23. Iya cuma satu vidio doank yang ada gimana nih tolong dong udh mana ini tugas lagi yag tahu bilang ya replaly gitu

    ReplyDelete
  24. Gimana caranya kalo photo hasil kamera hp yang sudah kehapus terus dikembaliin lagi

    ReplyDelete
  25. Itu cuma thumbnails pak (tampian gambar) yg pasti ukurannya tidak seperti ukuran aslinya (kecil) untuk merecovery foto (file apapun juga bisa) yang terhapus coba saja pakai "Recuva", install menggunakan pc.

    ReplyDelete
  26. Gan,memang ada file yang terhapus,tapi foto yang baru ane hapus tidak ada gan gimana ni

    ReplyDelete
  27. kok hasilnya buram? bisa di bantu ga

    ReplyDelete
  28. Kak kalau file nya ga ketemu giamana?
    Soalnya udh dicari berulang ulang ga ketemu penting bgt soalnya

    ReplyDelete
  29. Yang baru dihapus ga ada kak

    ReplyDelete
  30. Iya udah tapi fotonya kok buram?

    ReplyDelete
  31. Saya kok gak bisa mendapatkan foto maupun schreen shot yang terhapus yah, tolong gan solusi nya

    ReplyDelete